• 16-08-2016

    Nyeri Haid Tidak Selalu Normal

    (Jawa Pos) Nyeri haid merupakan alasan utama bagi perempuan untuk tidak masuk kerja dan mengambil cuti istirahat setiap bulan. Bahkan, beberapa perempuan saat haid tidak dapat melakukan aktifitas apapun karena nyeri pada perut bagian bawah yang terjadi dan terkadang berlanjut hingga dia atau tiga hari. Nyeri itu bisa terasa berdenyut, hilang timbul, nyeri tekan dan nyeri seperti terkena benda tajam.

    Terdapat beberapa faktor resiko yang membuat perempuan rentan mengalami nyeri hadi. Diantaranya. menstruasi di bawah 11 tahun, overweight atau obesitas, merokok atau minum alkohol dan belum pernah hamil.

    Sebagian besar nyeri haid dapat pulih tanpa obat atau dengan pengobatan ringan menggunakan antinyeri yang dapat dibeli bebas di apotek. Namum, ada kalanya nyeri tidak dapat berhenti dengan obat.

    Nyeri haid bisa jadi merupakan suatu gejala dari penyakit yang berhubungan dengan organ genitalia. Kurang lebih 80 persen ditemukan endometriosis pada perempuan dengan nyeri panggul kronis dan pada 20-50 persen perempuan yang tidak kunjung hamil.

    Untuk diagnosis, akan diambilkan jaringan yang dicurigai sebagai endometriosis melalui laparoskopi, yaitu metode operasi minimal invasive. Artinya, dokter ahli dapat melihat dan melakukan operasi di dalam rongga perut pasien hanya dengan irisan minimal (sekitar 0,5-1 cm).

    Penanganan endometriosis secara laparoskopi sebisa mungkin konservatif atau tidak mengangkat rahum dan ovarium. Selama 2015, sebanyak 50 persen operasi laparoskopi yang dilakukan Gynecologic Minimally Invasive Treatment Surabaya (GMITS) berhubungan dengan endometriosis dan pada 50 persen sisanya ditemukan myoma uteri.

    Pengangkatan kandungan hanya dilakukan pada 24 persen pasien yang sudah tidak menginginkan keturunan dan pada 76 persen lainnya dilakukan operasi tanpa mengangkat kandungan karena masih mengharapkan keturunan. Keengangan untuk memeriksakan diri karena merasi nyeri haid nya normal seringkali membuat diagnosis menjadi terlambat pdahal penanganan terbaik bila endometriosis ditemukan di stadium awal.

    Bagi anda yang mengalami masalah dengan nyeri haid, dengan tanda-tanda seperti :

    • Nyeri haid semakin lama dari sebelum nya
    • Nyeri haid semakin hebat (berbeda dari sebelumnya)
    • Disertai pendarahan banyak
    • Disertai tanda infeksi seperti demam dan menggigil

    lakukan konsutasi ke poli kandungan RS BEDAH SURABAYA. Buka setiap hari, diasuh oleh dr Relly Yanuari Sp.OG(K) dan dr Hari Nugroho Sp.OG.

     

    (Edited)